Maestro

Unesa. Memang patut berbangga dengan segudang prestasi baik akademik maupun non akademik, dari ranah regional sampai ranah internasional, di tahun 2017 ini sudah mendapat banyak juara diantaranya :
1. Juara 1 Karate 3 medali emas di UB, Malang
2. Juara 2 Karate 3 medali perak di UB, Malang
3. Juara 3 Karate 9 medali perunggu di UB, Malang
4. Juara 1 Seni Kreasi Jawa Timur di ITS, Surabaya
5. Juara 2 Tenis Pomda Jawa Timur
6. Juara 1 Monolog Nasonal di UNS, Solo
7. Juara 1 Voly Putri Nasional di UGM, Yogyakarta
8. Juara 1 Voly Putra Nasional di UGM, Yogyakarta
9. Juara 1 Voly Putri Nasional di Unair, Surabaya
10. Juara 1 Voly Putra Nasional di Unair, Surabaya
11. Juara 1 Bulu Tangkis Nasional Beregu Putri di Unair, Surabaya
12. Juara 1 Seni Tari Nasional di UWK, Surabaya
13. Juara 3 Internasional Silat di UPSI, Malaysia
14. Juara 2 Internasional Silat beregu tingkat di UPSI, Malaysia
Dan masih banyak lagi prestasi yang diraih oleh garuda muda Unesa.

Dengan begitu banyak prestasi yang sudah di raih, pada Penerimaan Mahasiswa Baru tahun ini, Dr. Ketut Prasetyo, M.S., selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan menaruh harapan besar pada semua mahasiswa baru agar tidak hanya aktif di bidang akademik saja, akan tetapi juga pada kegiatan non akademik seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa). “Mahasiswa jangan hanya pandai dibidang akademik, karena kegiatan-kegiatan diluar akademik bisa sebagai trigger untuk mendorong prestasi akademik yang lebih bagus seperti halnya seni tari, itu kan menghaluskan kejiwaan, olahraga mengajarkan sportifitas, jadi harapan saya berikutnya selain akademik, dia juga bisa mengembangkan skillnya, nah Unesa menyediakan itu.” Kata pria berperawakan sedang dan berkumis itu.

Terdapat 53 UKM yang diharapkan mampu mewadahi bakat dan minat mahasiswa. Yang terdapat di Kampus Ketintang dan Kampus Lidah Wetan. Kampus akan mendorong mahasiswanya untuk dapat berunjuk gigi di ranah internasional dengan memberikan dana pada masing-masing fakultas. “Untuk mencapai Worlclass University,semua aktifitasnya harus ada world nya, bukan hanya Ketintang dan Lidah Wetan saja.” Imbuh beliau.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni sudah mentargetkan. Mahasiswa tahun ke 1 (satu) adalah tahap orientasi organisasi kemahasiswaan yang ada di dalam kampus, atau UKM yang paling cocok dengan bakat dan minat. Setelah tahu mana yang paling cocok, maka pada tahun ke 2 (dua) diharapkan mahasiswa sudah mulai ke tahap penguatan. Nah pada puncak prestasinya ialah tahun ke 3 (tiga), sehingga pada tahun ke 4 (empat) bisa fokus terhadap akademiknya (lulus) dan bersiap untuk masuk ke dunia kerja atau wirausaha.

Calon alumni dibekali dengan cara-cara melamar kerja dalam hal ini membuat Curiculul Vitae (CV) dan mendatangkan alumni yang sudah mapan, dengan harapan dapat membawa adik tingkatnya untuk bekerja. Unesa juga sudah bekerja sama dengan Depnaker Provinsi Jawa Timur, sehingga ketika ada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, dapat langsung berjejaring dengan Unesa. Karena dosa besar jika Unesa hanya meluluskan saja tapi tidak mengarahkan alumninya.

Sambut Mahasiswa Baru dengan Harapan Baru. (Faa)

Menyuarakan Aspirasi Kampus