Emil Dardak Dongkrak Semangat Genbi Jatim Lewat Leadership Camp 2018

Generasi Baru Indonesia (GENBI) Jawa Timur merupakan sebuah komunitas yang didalamnya berisikan mahasiswa dan mahasiswi di Jawa Timur yang menjadi penerima beasiswa dari Bank Indonesia. Komunitas ini bertujuan untuk membentuk dan menyiapkan generasi milenial untuk bisa lebih aktif dan berguna bagi Indonesia kedepannya. Dewasa ini sikap kepemimpinan menjadi hal utama yang disoroti dalam pertumbuhan generasi milenial. Dengan dasar itu Generasi Baru Indonesia (GENBI) wilayah Jawa Timur mengadakan acara Leadership Camp and Gathering Genbi Jawa Timur 2018 dengan tema GAMES “Gallery Of Milenial’s Talent” untuk menjadi wadah berproses para anggota Genbi Jawa Timur dalam bidang kepemimpinan. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 1-3 November 2018 bertempat di Jambuluwuk Batu Resort and Convention Hall, Batu, Jawa Timur.

                Kegiatan ini diikuti oleh 171 peserta yang terdiri dari 4 wilayah binaan Bank Indonesia antara lain Surabaya, Kediri, Malang, dan Jember. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang ke 3 yang diadakan oleh anggota Genbi Jawa Timur. Dalam Leadership Camp tahun ini banyak pemateri hebat yang didatangkan antara lain Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc selaku Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih, selain itu juga ada Emil Faizza, S.Pd, M.Med.Kom. selaku mc profesional dan public speaker, dan juga para penggagas UMKM di Jawa Timur. Hal yang menarik dari kegiatan ini adalah ketika penyampaian materi yang diberikan oleh Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc yang menurut beliau “leadership itu bukan jabatan melainkan tujuan bersama”. Selain itu beliau juga mengatakan bahwa revolusi mental perlu untuk bisa menumbuhkan sikap etos kerja keras, pantang menyerah, kreatif, inovatif, dan dapat mengelola stress atau bisa mengontrol emosi. Hal tersebut yang akhirnya bisa membuat para anggota Genbi Jatim menjadi bersemangat dalam menjalani hidupnya. Tidak hanya itu rasa budi pekerti dan sikap tidak saling menjatuhkan menjadi alternatif untuk bisa mencapai tujuan Indonesia kelak. Selain itu bapak Emil juga menjelaskan mengenai konsep leadership 360 derajat, dimana maksud dari konsep ini adalah bagaimana sikap seorang pemimpin bisa memberikan ide solutif dan aksi yang baik ke bagian atas, sederajat atau bagian bawahnya untuk menjapai tujuan bersama. Terakhir yang menjadi sorotan pembangkit semangat para anggota Genbi Jatim adalah ketika bapak Emil mengatakan bahwa jangan pernah berbuat dzalim kepada siapapun termasuk orang yang sudah berbuat buruk kepada kita dan yang terpenting jangan merasa puas saat menang, jangan merasa patah saat gagal. Karena menurut beliau kegagalan adalah seni dalam hidup jadi jangan anggap kegagalan adalah akhir dari segalanya.

Dari materi yang disampaikan oleh bapak Emil tersebut para anggota Genbi Jatim menjadi lebih paham bagaimana caranya untuk menghargai dan mensyukuri nikmat hidup sehingga hidup akan lebih berkesan. Tak hanya itu kegiatan ini juga menjadikan tali silaturahmi antar anggota Genbi Jatim semakin baik dan harmonis, selain itu kegiatan yang dilakukan selama 3 hari 2 malam ini berlangsung dengan sangat baik dan menyenangkan, sehingga kegiatan ini patut untuk dilakukan kembali dan diselenggarakan agar penerus generasi selanjutkan dapat menjadi pemimpin yang berkompeten, tidak mengedepankan ego, dan saling menghormati satu dengan yang lain.

Nama Penulis : Dimas Wahyu Rahardiyan

Jurusan : Akuntansi

Fakultas : Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *