TAMAN CANTIK, TAMAN PEMBUANGAN SAMPAH

Taman di sekitaran Foodcourt Baseball yang tidak terawat dan terdapat banyak sampah plastik. (Haqia)

Taman hijau ditumbuhi bunga warna-warni yang tertata rapi membuat mata siapa saja jatuh hati. Terlihat indah dipandang mata, juga memberikan kesan sejuk di tengah hawa Kota Surabaya yang panas. Biasanya taman digunakan untuk menyiasati sempitnya lahan terbuka hijau. Di Unesa sendiri terdapat banyak taman minimalis disetiap sudutnya, misalnya di depan fakultas, di sepanjag trotoar, dan di sekeliling foodcourt.

Ironisnya taman minimalis kampus banyak yang tidak terawat, sampai antara tanaman dan ilalang lebih tinggi ilalangnya. Bukan hanya itu taman minimalis untuk mempercantik kampus justru beralih fungsi memjadi tempat sampah. Mulai dari sampah makanan ringan sampai sampah botol minuman kemasan.

Miris, kondisi taman minimalis Unesa. Hal ini karena rendahnya kesadaran warga kampus untuk membuang sampah pada tempatnya. Minimnya jumlah tong sampah menjadi salah satu faktor penyebabnya. Tetapi bukan alasan untuk membuang sampah sembarangan.  Sikap tanggap kampus dalam menyediakan fasilitas pembuangan sampah sangat ditunggu.  Sebagai mahasiswa cerdas sudah semestinya menjaga lingkungan. Ayo gerakan cinta lingkungan, mulailah dari dirimu sendiri. Biasakan membuang sampah pada tempatnya, satu sampah satu langkah menyelamatkan lingkungan. (ARQ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *