BANGGA DUA KALI LOLOS PHBD, APA SIH TIPSNYA?

Tim PHBD bersama Dosen Pembimbing foto bersama di kawasan wisata Pacet.

UNESA (5/4) – Dua kali berturut-turut mewakili Unesa bahkan Surabaya lolos seleksi PHBD oleh Dikti. Mereka adalah mahasiswa dari jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan, yang mengikuti PHBD Dikti, pada tahun 2017 kelompok yang diketuai oleh Ahmad Abdullah Zawawi berjumlah 7 anggota, sedangkan pada tahun 2018 ini berjumlah 11 anggota.

Pada tahun 2017 lalu ada 3.000 tim yang terdaftar dalam PHBD tersebut dan hanya 75 yang lolos tahap pendanaan, kelompok dari jurusan MP ini satu-satunya yang lolos hingga tahap pendanaan se-Surabaya. Mereka ber-7 membangun sebuah tempat wisata hutan pinus serta air terjun pada desa nogosari tersebut. Dana yang sangat besar mereka dapatkan untuk pembangungan tempat wisata itu yakni Rp. 40.000.000,00 yang diberikan Dikti kepada mereka. “Tahun 2017 anggaran cair bulan Oktober tapi Agustus sudah harus jalan, jadi kami hutang dulu ke Unesa sebesar 5 juta dan alhamdulillah Desember sudah jadi tempat wisata tersebut” ujar Ahmad selaku ketua kelompok PHBD.

“Pada waktu itu saya masih maba, dan ingin berkontribusi entah itu di kampus atau negara karena saya kuliah dibiayai negara namun saya tidak memberi apapun untuk negara, jadi PHBD ini salah satu bentuk perwujudan dari rasa terimakasih ke negara, ga kebayang kita kuliah 4 tahun tidak pernah memberikan kebermanfaatan sekalipun.” Motivasi Ahmad mengikuti PHBD Ristek Dikti.

Beberapa tips untuk lolos pendanaan PHBD yang dicetuskan oleh Ahmad selaku ketua kelompok PHBD Jurusan Manajemen Pendidikan FIP yaitu:

  1. Menyolidkan tim karena PHBD berbeda dari PKM, PHBD lebih susah dan lebih ribet,
  2. Memiliki ide yang kreatif,
  3. Ada dosen pembimbing yang baik,
  4. Kerja keras yang tak berhenti. (bisa dikatakan bahwa tim PHBD MP begadang hingga jam dua pagi sebanyak sepuluh kali untuk membahas PHBD dan observasi langsung ke Pacet sebanyak delapan hingga sepuluh kali dalam satu bulan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *