NGOPI PAKDHE “SINERGI PERS DAN PEMERINTAH UNTUK PILKADA DAMAI DI JAWA TIMUR”

Dari kiri, Er (Kominfo Jatim), Choirul Anam (KPU Jatim), Edi Santoso (PWI Jatim), Pakdhe Karwo terlihat asik membicarakan Pemilu Jatim yang berkeadilan. (Haqia)

SURABAYA- Mahasiswa Unesa diberi kesempatan untuk menghadiri Talkshow Ngopi (Ngobrol Pinter) Pakdhe  dengan tema “Sinergi Pers dan Pemerintah Untuk Pilkada Damai di Jawa Timur” diadakan oleh JTV di gedung Graha Pena (3/4) Selasa lalu. Ditanyangkan secara langsung pukul 18.30 WIB. Acara tersebut dihadiri oleh Edi Santoso dari Kominfo Jawa Timur, Er perwakilan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, dan Choirul Anam selaku Komisioner KPU Jawa Timur. Ngopi Pakdhe ini membahas secara mendalam mengenai peran pers dan pemerintah dalam menghadapi Pilkada Jawa Timur 2018 agar berjalan damai.

Tahun 2018 merupakan tahun demokrasi Indonesia, menjadi tahun ajang perebutan kursi dalam birokrasi di seluruh wilayah Indonesia. Provinsi Jawa Timur tidak ketinggalan menyambut tahun politik ini dengan pemilihan gubenur baru. Dua calon pasangan yang akan bertarung di Pilkada Jatim ialah  Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno serta Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto. Demi menjaga keutuhan demokrasi saat Pilkada Jawa Timur, Pakdhe Karwo memberikan tugas kepada Kominfo Provinsi untuk menjaga ketenangan selama pilkada dengan melibatkan pers didalamnya. Keterlibatan pers dalam pemilu sangat berpengaruh karena pers menjadi lidah penyambung berita. Jika berita yang disebarkan ke masyarakat adalah berita hoax, maka akan memecah belah persatuan di tengah panasnya kompetisi Pemilu.

Kominfo sendiri akan memantau, mengawasi akun media sosial yang digunakan calon gubenur Jatim untuk berkampanye, setiap berita yang diunggah akun calon harus dapat mereka pertanggungjawabkan. Sementara PWI melakukan penguatan kompetensi wartawan dan media untuk membuat berita berdasarkan fakta. Dewan Pers dan PWI juga melakukan pengujian terhadap krediblitas wartawan serta lembaga pers atau media. Bagi wartawan apabila melanggar kode etik, perusahaan harus mengeluarkan wartawan bersangkutan. Bagi lembaga pers atau media  diberikan akreditasi sebagai nilai standar kelayakan lembaga tersebut. Untuk mendukung pilkada yang demokratis setiap minggunya KPU Jatim mengadakan media gathering. Acara tersebut digunakan KPU untuk menyampaikan informasi seputar pemilu agar berita yang disebarkan wartawan tidak salah. Kemudian dalam menjaga keterbukaan dan netralisasi KPU selalu membagikan kegiatannya melalui media sosial.

Dalam acara Ngopi Pakdhe dibuka interaksi interaktif dengan penonton. Sandi mahasiswa Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya menanyakan “Bagaimana cara menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pilkada?”  Menjaga netralitas ASN bekerjasama dengan Kementrian Aparatur Negara dan Birokrasi melalui sosialisasi. Sedangkan mahasiswa dari Unesa yakni Arum menayakan mengenai strategi politik untuk masyarakat desa. Upaya KPU untuk menyasar melek politik di masyarakat desa dengan melakukan sosialisasi mengenai Pemilu di pelosok-pelok daerah secara serentak bersama pemerintah desa setempat. Selain itu, dalam meninimalisir angka golput KPU mengadakan sosialisasi mengenai Pemilu kepada pemilih pemula. “Untuk menyukseskan Pemilu, KPU Provinsi Jawa Timur melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula di sekolah-sekolah dan kampus. Kami bekerja sama dengan pemerintah desa utuk menjadi pembina upacara di sekolah dan memberikan pengetahuan mengenai pemilu.”terang Anam yang juga pernah mengenyam studi di Unesa. Sosialisasi KPU yang baru ini dilakukan di Unesa pada akhir bulan lalu dan di Unair minggu kemarin yang dikemas dengan kegiatan game, lomba, dan stand up commedy bertema pemilu. Er mengulas sedikit tentang KPU mengenai kampanye yang telah didanai oleh pemerintah. Jadi setiap pasangan calon diberikan dana untuk berkampanye kebijakan ini dilakukan guna meminimalisir dominasi kampanye (langsung atau iklan) oleh pasangan dengan modal besar. Pemerintah menginginkan demokrasi yang berkeadilan. (ARQ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *