Calon Guru Perlu Memperhatikan Inovasinya

Oleh Fibrina Aquatika

Sebagaimana kita tahu, bahwa Universitas Negeri Surabaya merupakan kampus yang terkenal dengan pendidikan. Hal ini dikarenakan UNESA mempunyai jurusan yang rata-rata berada dalam bidang pendidikan, baik pendidikan ipa, bahasa, dan lain sebagainya. Sebagai kampus yang akan mencetak guru baru dalam dunia pendidikan, UNESA tentu saja perlu memberikan materi tentang pengajaran yang efektif. Salah satu bentuk pengajaran efektif yang diajarkan dan hingga kini termasuk dalam kategori berhasil dalam mencetak guru belajar yang sukses yaitu melalui pembelajaran inovatif.
Pembelajaran inovatif mengajarkan tentang berbagai macam pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran yang bisa diterapkan oleh guru saat nantinya terjun dalam dunia mengajar. Pembelajaran inovatif tentu saja penting, bahkan sangat penting, untuk diperhatikan, dipelajari, dan dikuasi oleh guru. Hal ini disebabkan karena dunia pendidikan tidak selalu berjalan dengan mulus, artinya dalam pendidikan pasti saja ditemukan masalah, seperti peserta didik yang gagal dalam belajar, maupun sulit untuk menerima pembelajaran.
Dalam proses belajarnya, mahasiswa yang merupakan calon guru perlu mempelajari pembelajaran inovatif dan mengikutinya secara maksimal. Guru dikatakan berhasil setelah ia mampu menguasai pembelajaran inovatif dan menerapkannya dalam kelas, lalu menghasilkan peserta didik yang berhasil dan mampu melalui berbagai macam materi pembelajaran. Biasanya dalam proses pembelajaran inovatif, calon guru akan diajarkan berbagai model pembelajaran, dan diterapkan dalam kelompok kelasnya. Contohnya, mahasiswa akan belajar menerapkan model belajar ceramah, maka ia akan praktik dalam kelasnya, mengibaratkan mahasiswa lain sebagai peserta didik dan ia menjadi gurunya.
Sekali lagi, pembelajaran inovatif sangat perlu dikuasai oleh calon guru, karena melalui pembelajaran inovatif, guru dapat berinovasi dalam mengajarnya agar pembelajaran berlangsung efisien dan mencetak peserta didik yang berhasil. Keberhasilan proses pembelajaran antara peserta didik dan gurunya akan mempengaruhi kemajuan di bidang pendidikan, yang mana hal ini tentu saja berpengaruh untuk Indonesia menjadi negara yang lebih maju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *