Unesa, Bukan lagi Sekedar Kampus Pendidikan

Gerbang Unesa Kampus Lidah Wetan

Surabaya – Unesa saat ini bukan lagi menjadi kampus yang melahirkan para tenaga pendidik. Tetapi juga banyak ilmuwan dan tenaga profesional lainnya. Saat mendekati masa berakhirnya pendaftaran SNMPTN Banyak sekali siswa/siswi SMA/SMK dan Masyarakat banyak menganggap Unesa adalah kampusnya para guru dan tenaga pendidik. Nanti lulusannya akan menjadi guru, dosen atau tenaga pendidik lainnya. Padahal faktanya tidak demikian, di Unesa juga memiliki prodi Non-Pendidikan.

Menurut penuturan Jihan salah satu mahasiswa Unesa “mungkin masyarakat yang kurang mengikuti perkembangan zaman. Yang masih mengira bahwasannya Unesa dulunya IKIP dan pasti melahirkan tenaga pendidik. Seharusnya juga Humas di Unesa lebih bisa membranding Unesa lebih menyeluruh dan mendalam ke semua lapisan masyarakat, agar masyarakat tahu bahwa Unesa saat ini juga banyak memiliki Prodi Non Pendidikan.” katanya.

Saat berdiri pada 19 desember 1994. Unesa merupakan kampus pendidikan bernama IKIP Surabaya yang memiliki 5 Fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS), Fakultas Keguruan Sastra Seni (FKSS), Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE). Namun setelah turunnya Keppres RI No. 93 Tahun 1999, IKIP Surabaya berubah menjadi Universitas Negeri Surabaya. Sesuai hasil keputusan rapat senat pada tanggal 12 Oktober 1998, yang menyepakati bahwa nama IKIP Surabaya pasca-konversi adalah Universitas Negeri Surabaya.

Saat ini Universitas Negeri Surabaya mengelola program studi kependidikan maupun non-kependidikan, dengan jenjang diploma (D2 dan D3), strata satu (S1), dan pascasarjana yang terdiri atas strata dua (S2) dan strata tiga (S3).  (Met)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *