Akreditasi: Antara Beban dan Ekspetasi

Oleh : Fajar Rizki Mulyana (S1 Ilmu Komunikasi)

Ilustrasi PERS GEMA ©2018

Tahun ini merupakan tahun yang membahagiakan bagi kita warga Unesa. Karena, tahun ini merupakan tahun pertama kampus tercinta menyandang akreditasi A yang ditetapkan oleh Ban-PT melalui SK no 5245/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2017. Lalu timbul lah sebuah pertanyaan, sudah pantaskah kampus ini menyandang ‘A’?.

 

Jumlah Peminat SNMPTN 2017
Juamlah Peminat SBMPTN 2017

Data diatas menunjukan seberapa banyak minat calon mahasiswa, untuk meneruskan pendidikan tinggi di Universitas Negeri Surabaya. Dari data tersebut dapat kita simpulkan bahwa minat calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Negeri Surabaya sangat tinggi. Data tersebut diambil dari SNMPTN & SBMPTN tahun 2017 saat itu Akreditasi Unesa masih B. Sehingga dengan kondisi saat ini dimana Unesa sudah menjadi universitas dengan akreditasi A, dapat dipastikan akan adanya lonjakan jumlah pendaftar di Unesa. Karena salah satu acuan para calon mahasiswa memilih Universitas adalah Akreditasinya. Tentunya para calon mahasiswa menaruh ekspektasi lebih terhadap universitas dengan Akreditasi A.

Pihak Universitas, dalam hal ini Unesa tentunya harus berbenah diri guna memenuhi ekspektasi dari para calon mahasiswa nya nanti. Jangan sampai ekspektasi mereka tidak terpenuhi yang membuat satu persatu dari mereka meninggalkan Unesa dan memilih universitas lain yang dianggap mampu memenuhi ekspetasi mereka.

Banyak yang harus dibenahI dari kampus ini, mulai dari infrastruktur penunjang perkuliahan, sarana dan prasana hingga jadwal kuliah yang dirasa sangat memberatkan. Belum lama ini, mahasiswa mengadakan aksi protes karena melihat kondisi jalan kampus sudah tidak layak untuk dilalui kendaraan. Hal ini tentunya dapat menjadi perhatian pihak kampus agar segera diperbaiki.

Universitas yang baik dapat dilihat dari bagaimana cara mereka menerima aspirasi dari mahasiswanya. Dan tentunya dari aspirasi tersebut ada tindak lanjut guna membangun universitas menjadi lebih baik.

Akhir tulisan, akreditasi membuat Unesa menjadi lebih terpandang. Disamping itu timbul juga sebuah tanggung jawab yang besar (beban) dari pihak kampus guna memenuhi ekspetasi dari para calon mahasiswa nya. Jangan sampai kampus ini menjadi kampus yang terbaik sekaligus terburuk bagi para mahasiswa. Unesa tetap Jaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *